2 Cara Reset Cartridge Canon MP287 Setelah diisi Ulang

Cara reset cartridge Canon MP287 setelah diisi ulang – Setelah kita melakukan pengisian ulang tinta, kadang muncul masalah dimana printer tidak terdeteksi dan tidak bisa dipakai untuk mencetak. Jika muncul masalah seperti ini, Anda dapat mengatasinya dengan melakukan reset.

Sebenarnya masalah seperti ini adalah cara dari Canon melindungi cartridge mereka serta sebagai cara membedakan antara cartridge original dan cartridge remanufactured. Dan cara mengatasi masalah ini tidaklah sulit, sangat simpel. Hanya melakukan reset saja, Anda bisa mengatasinya sendiri tanpa butuh bantuan tukang servis.

Cara Reset Cartridge Printer Canon MP287 Setelah Isi Ulang

 Reset printer dapat dilakukan dengan beberapa cara. Ada yang sekadar menekan tombol reset atau resume, ada juga yang memanfaatkan software bernama Resetter. Berikut masing-masing caranya:

 

Cara 1:

  1. Pertama-tama, nyalakan printer
  2. Secara otomatis cartridge bergerak ke kiri dan ke kanan. Tunggu sampai cartridge tersebut berhenti bergerak
  3. Indikator pada printer akan berkedip-kedip
  4. Selanjutnya tekan tombol resume/stop/reset pada printer Anda selama 10 sampai 20 detik
  5. Selesai

Printer akan melakukan head cleaning secara otomatis. Head cleaning adalah proses dimana mereka membersihkan cartridge agar tidak ada gumpalan tinta yang menghambat kelancaran percetakan. Dan seharusnya setelah melewati tahap ini, catridge sudah bisa digunakan.

Cara 2:

Jika cara di atas tidak berhasil, kalian dapat memakai alternatif cara yang lain. Di sini kita butuh software bantuan bernama Resetter. Unduh dulu software ini, setelah Anda unduh, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Jalankan software Resetter
  2. Lalu pada menu ‘Clear Ink Absorber Counter’ pilih ‘Main’ lalu klik ‘Set’
  3. Klik ‘EPROM’
  4. Setelah itu matikan printer kurang lebih 10 detik
  5. Nyalakan printernya seperti biasa
  6. Selesai

Setelah itu coba Anda test apakah printer sudah bisa digunakan atau belum.

Masalah seperti ini terbilang wajar terjadi, jadi bukan masalah besar. Cara penanganannya pun simpel. Tidak perlu panik, ikuti langkah-langkah di atas. Apabila masih tidak bisa, coba Anda ulangi langkah-langkahnya lagi. Tapi bila masih tidak bisa, mungkin ada yang salah dengan cartridge Anda.

Leave a Comment