3 Penyebab Paper Jam Epson L120 dan Cara Mengatasinya

Penyebab paper jam Epson L120 – Paper jam adalah salah satu jenis error pada printer yang ditandai dengan kertas tidak mau keluar, atau nyangkut saat diprint, atau kertas tidak bisa masuk ke mesin printer.

Jika Anda mengalami masalah ini, hindarilah untuk tidak mencabut kertas secara paksa, karena itu akan memperburuk keadaan. Selain itu, agar masalah ini tidak terjafi pada Anda, hindari beberapa penyebab paper jam pada printer Epson berikut:

Penyebab Paper Jam Printer Epson  L120

  1. Penempatan kertas tidak benar, misalnya Anda menaruhnya dalam kondisi miring
  2. Anda terlalu banyak menaruh lembaran kertas pada printer. Hal ini akan menyebabkan penarikan kertas terjadi secara double
  3. Kertas yang akan Anda print ada benda asing yang menempel, seperti klip kertas atau sobekan-sobekan kecil kertas. Hal ini membuat laju percetakan tidak berjalan mulus

Jika paper jam sudah terlanjur terjadi pada printer Epson Anda, langkah-langkah yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mengeluarkan kertas dari baki printer atau mengeluarkan kertas yang tersangkut.

Cara Melepaskan Kertas yang Nyangkut  Pada Printer Epson L120

Ingat, jangan ditarik paksa. Ini bisa menyebabkan printer rusak atau membuat kertas menjadi sobek dan macet di mesin printer.

Cara melepaskan, Anda bisa menariknya perlahan. Anda juga bisa menekan tombol ‘Resume’ pada printer untuk mengatasi kemacetan kertas. Tapi jika masih macet, Anda bisa mematikan printer dengan mencabut kabel power printer Anda.

Atau cara lainnya, bisa dengan melepas tumpukan kertas dari bagian tengah dahulu. Itu jika printer menelan banyak kertas, bukan 1 lembar saja. Coba tarik tumpukan kertas pada bagian tengah, tarik perlahan, dengan begitu tekanan akan sedikit berkurang dengan keluarnya kertas bagian tengah.

Setelah Mencabut Kertas, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Setelah kertas tercabut, Anda seharusnya dapat melakukan print seperti biasa. Akan tetapi apabila printer masih tidak bisa dipakai, coba Anda lakukan beberapa setting pada komputer.

  1. Pertama, buka ‘Control Panel’ pada komputer yang sudah terhubung dengan printer
  2. Pilih menu ‘Performance and Maintenance’
  3. Klik ‘Administrasi Tools’
  4. Lalu pilih ‘Service’
  5. Klik ‘Print Spooler’, untuk menghentikan kerjanya klik ‘Stop’
  6. Setelah itu refresh pada ikon printer yang ada di toolbar kanan bawah
  7. Kemudian klik ‘Start’ > ‘Printer and Fax’

Seharusnya setelah itu printer sudah bisa digunakan kembali. Semoga tutorialnya bisa Anda pahami.

Leave a Comment