5 Istilah Menular Yang Perlu Anda Ketahui

Carrier merupakan manusia atau fauna tempat berdiamnya agent menular, dengan adanya penyakit yg secara klinis nir terlihat konkret, namun bisa bertindak sebagai asal infeksi yg cukup penting.

Kemampuan sebagai pembawa (carrier) bisa masih ada pada seorang menggunakan infeksi yang nir tampak konkret sepanjang ketika tersebut (umumnya dikenal sebagai orang sehat atau pembawa yg tidak jelas gejalanya), atau berada dalam masa inkubasi atau masa penyembuhan & setelah masa penyembuhan dari suatu penyakit infeksi tertentu (convalescent carrier).

Pada kondisi tertentu maka kemampuan sebagai pembawa bisa berlaku dalam saat singkat atau panjang (temporary carrier/ transient carrier),atau chronic carrier.

Chemopraphilaxis adalah hadiah bahan kimiawi termasuk antibiotika, untuk mencegah pertumbuhan atau perkembangan infeksi menjadi penyakit.

Communicable disease yaitu penyakit yg ditimbulkan sang unsur/agent penyebab menular eksklusif atau output racunnya, yg terjadi karena perpindahan/penularan agent atau hasilnya dan orang yang terinfeksi, fauna.

Atau reservoir lainnya (benda lain) kepada pejamu yg rentan (potential host), baik secara eksklusif juga tidak eksklusif melalui pejamu perantara hewan (vektor),atau lingkungan yang tidak hayati.

Communicabel period yaitu selama waktu tertentu di mana agent menular dapat dipindahkan baik secara pribadi maupun tidak eksklusif dari orang terinfeksi ke orang lain, dan hewan terinfeksi ke insan atau menurut seseorang terinfeksi ke hewan, termasuk arthropoda.

Seperti penyakit dipteria dan infeksi sang streptococcus yg melibatkan selaput lendir sebagai akses masuknya penyakit. Beberapa penyakit lebih bersifat menular selama periode inkubasi dari pada selama masa klinis.

Beberapa penyakit tertentu misalnya tuberkulosis, lepra, sifilis, gonorrhea, & beberapa bentuk salmonellosis. Penyakit yang ditularkan sang vektor arthropoda seperti malaria dan demam kuning/berdarah, periode penularannya adalah selama agent menular masih ada dalam darah atau jaringan orang yg terinfeksi.

Contamination adalah adanya agent menular dalam bagian atas tubuh, dalarn pakaian, termasuk seluruh yg berkaitan menggunakan tempat tidur, mainan, alat-alat bedah atau baju operasi juga benda/zat termasuk termasuk air & makanan. (Dihimpun menurut berbagai asal)

Leave a Comment