Cara Cleaning Printer Canon Semua Tipe

Cara cleaning printer Canon – Dalam dunia bersih-bersih printer, ada beberapa jenis perbedaan level pembersihan. Ada yang jenisnya Cleaning, Head Cleaning dan Deep Cleaning. Masing-masing dari mereka memiliki kegunaan yang sama, yaitu sebagai metode membersihkan printer. Yang berbeda hanya kadar pembersihannya dan letak yang dibersihkan saja.

  • Cleaning adalah proses pembersihan yang dilakukan untuk membersihkan head dari tinta yang menghambat jarum. Kadar pembersihannya lebih kecil daripada yang lain
  • Head Cleaning adalah proses pembersihan yang membantu membersihkan dan membuang tinta yang mengendap atau menggumpal secara lebih mendalam. Ia hampir sama dengan Deep Cleaning. Direkomendasikan melakukan head cleaning jika cleaning tidak bekerja
  • Deep Cleaning adalah proses pembersihan dengan kadar yang lebih maksimal, lebih mendalam dan menyeluruh. Prosesnya bisa menghabiskan lebih banyak tinta karena saking dalamnya pembersihannya

Langkah-langkah melakukan pembersihan/cleaning pada printer Canon sama. Baik itu untuk cleaning, head cleaning atau deep cleaning. Berikut adalah caranya:

Cara Cleaning, Head Cleaning dan Deep Cleaning Printer Canon

Pastikan device sudah terinstall sempurna. Jika tidak begitu, proses cleaning akan terhambat, misalnya menu ‘Maintenance’ tidak bisa muncul.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan cleaning printer Canon:

  1. Buka ikon ‘Windows’ di komputer yang terhubung dengan printer
  2. Pilih ‘Devices and Printers’
  3. Lalu klik kanan, maka akan muncul beberapa pilihan. Silahkan pilih menu ‘Printer Preference’
  4. Lalu pilih tab ‘Maintenance’
  5. Nantinya akan muncul beberapa pilihan dari mulai Cleaning, Head Cleaning, dan Deep Cleaning. Tapi untuk merk Canon, biasanya hanya muncul Cleaning dan Deep Cleaning saja. Anda bisa mengganti proses Head Cleaning dengan Deep Cleaning
  6. Pilih salah satu jenis pembersihan yang ingin Anda gunakan. Saran kami gunakan ‘Cleaning’ dahulu
  7. Jika setelah melakukan proses Cleaning beberapa kali tapi printer masih bermasalah, Anda dapat ganti ke pilihan ‘Deep Cleaning.

Setelah melakukan proses di atas, Anda dapat mengecek hasil cetakan dengan menekan menu ‘Nozzle Check’. Ia berguna sebagai pengecekan kondisi cetak yang berlangsung.

Jangan terlalu sering melakukan cleaning. Lakukan cleaning printer saat keadaan error saja. Karena terlalu sering melakukan cleaning bisa membuat printer cepat minta reset.

Leave a Comment