Cara Cleaning Printer Epson L310, 100% Work!

Cara cleaning printer Epson L310 – Membersihkan printer Epson memberikan beberapa manfaat, seperti membersihkan gumpalan printer, mengatasi printer yang tidak bisa mencetak secara sempurna dan mengatasi printer yang tidak bisa mengeluarkan warna tinta apapun.

Anda butuh membersihkannya, berikut adalah langkah-langkah cleaning printer Epson L310.

Cara Membersihkan Printer Epson L310

Langkah 1: Nyalakan printer Epson, dan kondisikan printer tersambung ke komputer dan sudah melakukan instalasi driver.

Langkah 2: Kemudian buka ‘Control Panel’ pada komputer Anda.

Langkah 3: Pilih opsi ‘Hardware and Sound’

Langkah 4: Lalu tekan menu ‘Device and Printer’

Langkah 5: Silakan pilih printer yang ingin Anda bersihkan. Dalam hal ini Epson L310.

Langkah 6: Klik kanan pada printer Epson L310 atau printer yang akan Anda bersihkan, dan pilih ‘Printing Preferences’

Langkah 7: Pada halaman yang terbuka, akan tampil 3 tab, yaitu Main, More Options dan Maintenance. Pilih tab yang ‘Maintenance’

Langkah 8: Lalu klik ‘Head Cleaning’, kemudian pilih ‘Start’. Tunggu beberapa saat, komputer akan memproses permintaan

Langkah 9: Sampai di sini Anda sudah berhasil melakukan cleaning printer Epson. Untuk mengecek hasilnya, Anda bisa menekan menu ‘Print Nozzle Check Pattern’

Cara ini bisa Anda lakukan pada printer Epson seri yang lain, seperti printer Epson L120, L360, L405, L805, L1300, dan L1800.

Masalah-Masalah yang Mungkin Anda Temui Saat Melakukan Head Cleaning

Tidak selamanya cara ini berjalan mulus di perangkat Anda. Apabila kalian menemui masalah seperti: printer Anda masih tidak bisa mencetak dengan maksimal, maka cobalah ulangi langkah di atas. Ada yang berhasil setelah mencoba 1 kali, 3 kali, atau 6 kali.

Head Cleaning memang bisa membantu mengatasi printer yang bermasalah, tapi lakukanlah Head Cleaning seperlunya saja. Atau lakukan saat error terjadi. Sebab melakukan Head Cleaning terlalu sering bisa membuat printer lebih cepat minta reset.

Saat melakukan Head Cleaning juga, kadang ditemui masalah tombol tab ‘Maintenance’ tidak muncul. Jika ini terjadi, pastikan bahwa Anda sudah melakukan instalasi driver secara sempurna.

Leave a Comment