Mudah! Cara Cleaning Printer Epson L210

Cara cleaning printer Epson L210 – Cartridge yang kotor bisa menyebabkan printer tidak bisa bekerja secara optimal. Maka dari itu, kita butuh membersihkannya, atau istilah kerennya itu Head Cleaning.

Head Cleaning adalah proses dimana printer akan melakukan proses pembersihan pada bagian cartridge. Tinta-tinta yang menggumpal, dan mengendap akan dibersihkan otomatis melalui langkah-langkah ini.

Dengan pembersihan tersebut, cartridge printer (tempat penampungan tinta), bisa bekerja lebih optimal dan menghindari masalah-masalah seperti cetakan putus-putus, muncul garis-garis dan tinta yang susah keluar.

Cara Head Cleaning Printer Epson L210

Cara ini bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu ke tukang servis. Karena di sini kita hanya mengotak-atik bagian software, tidak sampai harus melakukan pembongkaran pada printer.

Dan berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka bagian Control Panel pada PC/Komputer Anda
  2. Setelah itu pilih ‘Devices and Printers’
  3. Pilih printer yang Anda gunakan, yaitu Epson L210. Kemudian klik kanan pada printer, dan pilih opsi ‘Printer Preferences’
  4. Kita akan dibawa ke halaman pengaturan printer. Di sini kalian pilih menu ‘Maintenance’
  5. Selanjutnya muncul beberapa opsi, cari dan klik menu ‘Head Cleaning’ > klik ‘Start’ pada jendela yang muncul
  6. Tunggu beberapa saat, sistem sedang bekerja membersihkan cartridge printer Epson Anda

Pada tahap ini, Anda telah menyelesaikan langkah-langkah head cleaning printer Epson. Untuk mengetahui apakah dia benar-benar sudah bisa bekerja secara optimal, kalian dapat mengeceknya dengan pengetesan Print Nozzle Check.

Melalui pengecekan ini, kita bisa tahu kualitas cetakan nanti bagaimana. Serta tahu cetakan yang tidak bagus itu dikarenakan printer Anda yang kotor atau karena rusak.

Berikut ini cara melakukan pengetesan Print Nozzle Check:

  1. Klik ‘Start’
  2. Lalu ‘Control Panel’
  3. Pilih ‘Devices and Printer’
  4. Kemudian klik kanan pada menu ‘Printing Preferences’
  5. Klik tab ‘Maintenance’
  6. Setelah itu tekan ikon ‘Nozzle Check’
  7. Akan muncul jendela baru, silahkan Anda klik ‘Print’

Dengan langkah di atas, Anda bisa melihat kualitas cetakan apakah sudah bagus atau belum. Apabila hasilnya masih tidak bagus, coba Anda buka bagian penutup printer > dibuka cartridge > perhatikan apakah tintanya membanjiri nozzle atau tidak > jika iya, Anda dapat menghapusnya dengan tisu.

Leave a Comment